Minggu, 30 Maret 2014

PENDAKIAN PUNCAK GUNUNG SINABUNG

Menapakaki Puncak Tertinggi Gunung Sinabung

Perjalanan ini sebenarnya tidak pernah di rencanakan sama sekali, dan aku juga tidak terpikirkan akan pergi mendaki gunung sinabung di saat saat setelah ujian sekolah selesai. hari terkahir setelah ujian sekolah selesai, aku dan teman - temanku yang biasa nongkrong kumpul di bawah pohon. Awalnya tidak ada terpikirkan oleh kami untuk membicarakan soal pendakian, tetapi teman ku alex tiba - tiba saja nyeletuk tentang kejenuhan tugas dan ujian sekolah ini, akhirnya kami membuat satu planning untuk pergi liburan ke satu tempat yang bisa menenangkan pikiran kami.

Akhirnya tecetuslah oleh kami soal pendakian menuju puncak gunung sinabung. esoknya aku dan teman - teman ku pun berkumpul di gedung olahraga untuk pergi berangkat ke gunung sinabung, kalau bisa di bilang, persiapan mendaki kami tidak begitu matang dan itu terkesan kepepet. hahaha

Akhirnya kami pun berangkat dengan peralatan seadanya dan stock makanan yang secukupnya untuk berangkat ke kabanjahe, dekat danau lau kawarr dimana gunung sinabung berada berdiri tegak dan kokoh di bawah danau lau kawar. kami pun sampai di kota kabanjahe kabupaten Karo, kami ingin melanjutkan perjalanan ke kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, tetapi perjalan kami terhambat di karenakan kami tidak mendapatkan bis ke sana karena hari sudah larut malam, akhirnya kami memutuskan untuk beristirahat malam ini di masjid kota kabanjahe.

Ke esokan Harinya kami pun melanjutkan perjalanan kami ke kecamatan Naman Teran, dimana gunung sinabung berada. sesampainya di sana kami pun melakukan persiapan untuk logistik dan registrasi. sebelum kami memulai pendakian kami berdoa terlebih dahulu, di pintu gerbang utama hutan rimba gunung sinabung.

kami pun mulai mendaki, selangkah demi selangkah di jalan setapak hutan menuju puncak gunung sinabung, di tengah perjalanan tiba tiba saja temanku alex, lehernya di gigit oleh serangga yang ada di hutan itu, dia merintih kesakitan, badannya tiba tiba meriang dan tak kuasa melangkahkan dan melanjutkan perjalanan menuju puncak. kami pun berhenti sejenak untuk merawat dia dan menunggu keadaan dia pulih, kami pun membangun tenda di pos pemberhentian ke 2. malam pun tiba, akhirnya teman ku alex sudah mulai membaik, jadi kami terus memotivasi dia agar tidak menyerah begitu saja, karena langkah kita sudah begitu jauh dan langkah ini tidak akan berhenti di sini. akhirnya kami memutuskan akan melanjutkan pendakian menuju puncak sinabung jam 01.00 WIB, untuk mendaptakan sunrise.

Kami pun beristirahat sejenak untuk mengumpulkan energi dalam menuju pendakian nanti jam 01.00 dini hari nanti. waktu pun menunjukkan pukul 01.00 WIB, kami pun bangun dan mempersiapkan logistik dan peralatan yang akan di bawa menuju puncak, tetapi tas, baju baju dan tenda kami tinggal di pos ke 2 karena itu bakal memberatkan perjalanan menuju pendakian, karena perjalanan ke puncak sangat terjal.

Kami pun melangkah dan melanjutkan pendakian , langkah demi langkah aku langkahkan. akhirnya kami pun sampai di puncak tertinggi gunung sinabung tepat pada pukul 05.15 WIB, ternyata pendakian ku menuju puncak sinabung berhasil aku taklukkan bersama ke 4 sahabat ku alex,bonar,luksy dan lilo, aku bersyukur kepada Allah SWT karea bisa berhasil mencapai puncak.

Woww, subhanallah pemandangannya dari puncak sinabung begitu luar biasaa dan menakjubkan, aku bisa melihat daratan sumatera utara dari puncak ini, subhanallah Allah SWT menciptakan bumi yang seindah ini dan se fantassis ini...di atas puncak aku juga semakin merasa dekat dengan Allah SWT. sungguh luar biasa pendakian kali ini dan ini menjadi perjalana yang tidak akan pernah aku lupakan.

Dari perjalanan dan pendakian ini aku belajar tentang arti kata pantang menyerah persahabatan, dan kebersamaan. jadi apapun cita cita yang ingin kita gapai, gantungkan itu tepat 5 cm di depan mata kita dan jangan pernah menyerah karena cita cita itu bakal tercapai walaupun banyak rintangan yang menghadang, tetapi kita pasti bisa melewati rintangan tersebut. so never give up teman teman. :)